Cari Blog Ini

Memuat...

Jumat, 28 Oktober 2011

Harga Emas Mengarah ke Level 1.750 Dolar

28/10/2011 10:47
Jakarta:
     Pada penutupan perdagangan di bursa Nymex Jumat dini hari (28/10) harga emas mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Harga emas menguat oleh dorongan melemahnya dolar AS, dan rally sebagian besar komoditas lain. Harga minyak mentah yang mengalami kenaikan tajam juga turut memicu minat terhadap emas sebagai aset yang dapat digunakan untuk hedging terhadap inflasi. Harga emas sempat mengalami penurunan karena minat terhadap safe haven mulai berkurang, setelah perbankan menerima permintaan petinggi Eropa untuk memangkas 50% utang Yunani dalam portofolio mereka. Akan tetapi ketidakpastian yang masih mewarnai kebijakan penyelamatan Yunani mengakibatkan harga logam mulia kembali terangkat. Selama 5 hari rally harga emas telah mengalami kenaikan sebesar 8%.
     Emas tampak mulai kembali ke dalam statusnya sebagai investasi safe haven. Harga emas spot mengalami kenaikan sebesar 1,2% dan berakhir pada posisi 1.744,60 dolar AS per troy ons. Sementara itu harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman Desember mengalami kenaikan sebesar 24 dolar AS dan ditutup pada posisi 1.747,70 dolar AS per troy ons. Harga emas secara teknikal tampak mulai cenderung menguat karena sudah berhasil menembus ke atas level MA 100. Trend bullish tampak mulai terjadi pada harga komoditas ini. Harga emas yang sudah kembali ke atas 1.700 dolar AS, berpotensi untuk melanjutkan kenaikan dengan resistance di posisi 1.750 dolar AS per troy ons.
Meski Cenderung Lamban, Emas Berkilau Lagi 
     Harga emas untuk perdagangan Kamis (27/10) petang terpantau naik kembali. Emas terus mengalami bullish meski pergerakan bursa saham global hari ini mayoritas menguat. Bursa saham menguat di tengah sentimen positif kesepakatan kebijakan bail out ekonomi Eropa. Emas spot naik US$ 3,2 menjadi US$ 1.707,85 per troy ons dengan level support US$ 1.696,71 per troy ons dan level resistant US$ 1.728,60 per troy ons. Naiknya harga emas turut memberikan sentimen positif bagi komoditas logam lainnya, paladium naik 1,5 persen menjadi US$ 651,5 per troy ons. Analisa dari Divisi Vibiz Research di Vibiz Consulting memperkirakan harga emas masih berpeluang naik lagi meski cenderung terbatas. Ancaman pergerakan konsolidasi akan masih membayangi dengan kisaran antara level US$ 1.690 - US$ 1.700 per troy ons

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar