Manchester United

Cari Blog Ini

Memuat...

Minggu, 30 Oktober 2011

Lambang Negara Kanada Diusulkan Diganti

30/10/2011 20:01

     Ottawa: Sejak 1975, Kanada mendaulat berang-berang sebagai hewan sekaligus lambang nasional negeri itu. Alasannya, berang-beranglah yang membuat negeri itu kemudian dibanjiri imigran Eropa pada awal 1700-an. Kini, Senator Nicole Eaton menggugat posisi istimewa berang-berang yang dianggapnya sudah ketinggalan zaman. Demikian dilansir BBC Indonesia, Ahad (30/10). Senator Eaton juga menganggap berang-berang tak lain hanya seekor pengerat biasa yang kerap merusak. "Banyak orang menuding berang-berang bisa merusak ladang, jalanan, danau, sungai dan perkebunan," kata Eaton.
    Selain alasan itu, Eaton menegaskan lambang negara bukanlah sesuatu yang abadi dan bisa diganti sewaktu-waktu. Lalu apa usulan Eaton sebagai pengganti berang-berang? Politisi konservatif itu mengusulkan beruang kutub sebagai lambang negara baru. "Beruang kutub dengan kekuatan, keberanian dan kehormatannya sangat cocok untuk lambang negara yang baru. "Inilah saatnya berang-berang menyingkir atau setidaknya membagi kehormatan dengan beruang kutub," ujar Eaton. Namun usulan ini ditentang seorang anggota parlemen asal Provinsi Manitoba yang menganggap berang-berang memiliki jejak dalam sejarah Kanada yang panjang. "Beruang kutub memang hewan yang cantik namun berang-berang memainkan peran penting dalam sejarah Kanada," kata politisi dari Partai Demokratik Baru, Pat Martin.
      "Perburuan berang-beranglah yang membantu pembukaan bagian baru negeri ini," lanjut Martin. Warga Inggris dan Prancis pertama yang tinggal di Kanada memburu berang-berang untuk diambil kulit dan bulunya. Sementara itu, pakar sejarah alam Universitas Carleton, Michael Runtz mengatakan lambang negara bukan sekadar masalah sejarah. "Berang-berang benar-benar menggambarkan warga Kanada. Sikap mereka sangat menyenangkan," kata Runtz. "Sementara beruang kutub mencerminkan kegarangan," lanjut dia.(ADO)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Deejee Club