Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 12 Oktober 2011

Wow!!!! Siswa SMK Sudah Bisa Membuat Mobil.....mantap....mantap....12/10/2011 08:19

12/10/2011 08:19
kategori: Otomotif

Para siswa sekolah menengah kejuruan di tanah air sudah mampu membuat mobil yang tak kalah dengan buatan luar negeri.

Tak hanya hanya mesin dan bodi, sebagian besar perangkat mobil juga sudah mereka buat sendiri dengan melibatkan para perajin kecil di wilayahnya. Sejumlah mobil karya anak bangsa tersebut saat ini dipamerkan di Universitas Gajah Mada, DI Yogyakarta, dalam ajang Innovations Expo 2011.

Mobil yang diberi nama Kiat Esemka ini merupakan buatan siswa-siswa SMK Negeri 1 Trucuk, Klaten, Jawa Tengah, yang dirakit selama tiga bulan. Sebagian besar bagian bodi dan mesin mobil ini dibuat sendiri oleh para siswa SMK tersebut dengan melibatkan para perajin kecil di wilayahnya. Begitu juga dengan asesoris lain seperti stir, jok, pegangan kopling, dan sebagainya.

Mobil lain yang juga merupakan karya para siswa SMK adalah mobil yang diberi nama Digdaya. Mobil double cabin ini merupakan karya para siswa SMK Warga Solo, Jawa Tengah. Mobil ini dirancang multifungsi, baik untuk kenyamanan berkendara maupun berniaga. Digdaya ini sudah bisa dipesan dengan harga sekitar Rp 125 juta.
Lelang Mobil Tertua di Dunia

New York: Mobil tertua di dunia bertenaga uap yang berada di Amerika Serikat terjual melalui acara lelang tertutup di Hershey, Pennsylvania, Amerika Serikat, senilai lebih dari USD $ 4,6 juta. Kendaraan bertajuk The De Dion-Bouton et Trepardoux Dos-a-Dos Steam Runabout atau lebih dikenal dengan La Marquise dibuat di Prancis pada tahun 1884 oleh Robert Neville Grenville.

Mobil itu kemudian ditawar lebih dari dua kali pada acara lelang Jumat silam. Meski dibilang mobil tua, kendaraan itu mampu melaju dengan kecepatan tertinggi 38 mil per jam (61 kilometer per jam).

Seperti dilansir laman AFP, Selasa (11/10), La Marquise hanya memiliki empat pemilik selama 127 tahun terakhir. Kolektor terakhirnya berasal dari Texas, Yohanes O'Quinn. Dia telah membeli mobil bersejarah yang berpartisipasi dalam lomba mobil pertama di tahun 1887 dan empat lomba terpisah lainnya di London sebesar USD $ 3,5 juta pada 2007.

Identitas pemilik keempat mobil tertua ini tidak diberitahukan. Hanya informasi harga mobil yang terjual lebih mahal dari sebelumnya saja yang diberitakan. Mobil tersebut berhasil terjual senilai USD $ 4,6 juta, ditambah dengan pajak pembeli sebesar 10 persen, atau berkisar Rp 7,3 miliar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar