Cari Blog Ini

Memuat...

Minggu, 27 November 2011

11 Rahasia Jahe


jahe, rahasia jahe, khasiat jahe, manfaat jahe, sariawan, mimisan, Peritonitis, Migren
Jahe, mendengar namanya tentu saja kita akan teringat dengan rasanya yang hangat. Biasanya jahe ini selalu dijadikan penambah rasa minuman, seperti bandrek, kopi dan sebagainya. Di balik kehangatan rasanya, ternyata Jahe menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat di balik kehangatan Jahe? Simak saja uraian di bawah ini :
11 Rahasia jahe yang wajib anda ketahui

Manfaat Kehangatan Jahe (berupa air jahe yang direbus) mampu mengobati berbagai macam penyakit ringan diantaranya:
1. Sariawan atau Mimisan
Rebus jahe (800 gr) kemudian masukkan ke dalam wadah atau mangkok yang telah disiapkan. Berkumurlah dengan menggunakan air hasil rebusan jahe tersebut, 2 sampai 3 kali sehari.
2. Peritonitis atau peradangan selaput rongga Perut
Berkumurlah dengan rebusan air jahe 2-3 kali sehari saat pagi serta malam hari. Apabila tenggorokan sakit atau sedikit gatal, bisa ditambahkan sedikit garam.
3. Kerusakan pada gigi
Berkumurlah dengan air jahe hangat, dan lakukan saat pagi serta malam hari. Kebiasaan minum air jahe dan menjadikannya sebagai minuman sehari-hari bisa membantu mencegah serta meringankan gejala pada gigi.
4. Migren atau Sakit kepala Sebelah
Meskipun sakit yang terjadi di bagian kepala, namun rendaman dengan air jahe hangat pada tangan selama kurang lebih 15 menit ternyata mampu mengatasi penyakit Migren ini.
5. Mabuk
Minum air rebusan jahe hangat saat seseorang sedang mabuk, ternyata mampu meningkatkan sirkulasi yang bisa membantu menghilangkan etanol yang ada pada tubuh.
6. Jerawat
Mencuci wajah dengan menggunakan air rebusan jahe hangat pada pagi serta malam hari, mampu meringankan serta menghilangkan jerawat pada wajah dalam waktu kurang lebih 60 hari. Metode ini bisa juga dilakukan untuk menghilangkan flek hitam serta kulit kering pada wajah.
7. Ketombe
Gosok jahe yang masih mentah ke dalam rambut, lalu cuci sampai bersih dengan menggunakan air rebusan jahe hangat. Cara ini juga bisa membantu mencegah rontoknya rambut. Di Tiongkok, terdapat sejumlah toko yang menggunakan cara khusus dengan menggunakan air rebusan jahe hangat untuk proses pencucian rambut. Di sana sudah banyak orang yang menikmati perawatan ini dan tentunya dengan hasil yang memuaskan. Mencuci rambut menggunakan air jahe ini merupakan resep kuno sebagai bentuk peninggalan nenek moyang.
8. Sakit Pinggang dan Punggung
Tambahkanlah sedikit garam dan cuka ke dalam air hasil rebusan jahe. Kemudian rendam handuk dengan menggunakan air ini. Bilas dan tempelkan pada bagian tubuh yang terasa sakit. Lakukan hal ini beberapa kali. Cara ini bisa melemaskan otot dan membantu peredaran darah hingga mengurangi rasa sakit pada bagian tersebut.
9. Bau pada kaki
Tambahkanlah sedikitgaram dan cuka ke dalam air rebusan jahe hangat. Rendam kaki ke dalam air tersebut selama 15 menit. Lalu keringkan kaki dan taburkan bedak talk. Metode ini mampu menghilangkan bau pada kaki.
10. Tekanan darah tinggi
Rendam kaki dalam air jahe hangat selama kurang lebih 15 menit. Cara ini mampu membantu peredaran darah dengan cara refleksologi sebagai penurun tekanan darah.
11. Pilek
Rendam kaki sampai ke pergelangan didalam air rebusan jahe panas. Tambahkanlah sedikit garam dan cuka serta tambahkan pula air hangat secara terus menerus. Rendam kaki sampai berubah warna menjadi merah, metode ini juga sangat baik untuk menghilangkan sakit kepala dan batuk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar