Cari Blog Ini

Memuat...

Selasa, 15 November 2011

Asteroid 2005 YU55 Bakal Tabrak Bulan? Benarkah???


  
Pasadena: Sebuah asteroid sebesar empat lapangan bola dilaporkan akan mendekati bumi pada 8 November. Sebuah batu luar angkasa yang besar ini belum datang sedekat ini dalam 35 tahun.

Asteroid ini akan terbang pada jarak hanya 325.000 kilometer, yang sebenarnya di dalam orbit bulan. Menurut NASA, asteroid yang diberi nama 2005 YU55 tidak akan memberikan dampak negatif terhadap kehidupan bumi.

Don Yeomans, Direktur NASA untuk Proyek Benda Dekat Bumi di Laboratorium Propulsi Jet di Pasadena, Kalifornia, mengatakan, kecepatan benda tersebut mencapai 13km/detik. Akan tetapi, asteroid tersebut tidak akan menabrak bulan.

"Apabila sampai menabrak bulan, maka ini menjadi kejadian yang memiliki nilai sejarah yang sangat signifikan," ujar Yeomans ke media Life's Little Mysteris. "Tabrakan tersebut tidak dapat mengubah posisi bulan, tetapi akan membuat kawah yang cukup besar. Lebarnya akan sebesar 4 kilomter. Walaupun terlihat signifikan, tetapi ini masih termasuk kecil," ia menambahkan, Senin (7/11).

Yeomans juga menjelaskan bahwa asteroid seperti 2005 YU55 mendekati bumi paling tidak 100.000 tahun sekali. Karena bulan mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada bumi, maka kejadian ini dapat terjadi dengan jangka waktu lebih lama, yakni sekali dalam beberapa ratus ribu tahun.

Saat asteroid tersebut menabrak bulan, maka akan ada pergerakan debu dengan kecepatan tinggi yang mampu mencapai bumi. Walau banyak dari debu tersebut akan terbakar oleh atmosfer Bumi, tetapi sebagian kecil mungkin akan sampai ke dataran.

"Di NASA, kami mempunyai banyak radar optikal yang dapat memberikan estimasi kapan kira-kira asteroid seperti 2005 YU55 akan datang ke bumi. Dengan itu, kita tidak harus takut terhadap bahaya akan kejadian ini," tegas Yeomans.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar