Cari Blog Ini

Minggu, 27 November 2011

Belajar Mengetik Dengan 10 Jari


Akan sangat menyenangkan tentunya bila kita bisa mengetik dengan 10 jari. Sebenarnya sah-sah saja sih jika kita mau mengetik dengan berapa jari juga, mau dengan 9 jari, 8, 6,3 jari, atau bahkan dengan 13 jari sekalipun (kalau bisa) hehe.. Untuk yang terakhir itu (13 jari) saya akan salut sekali dan tidak akan segan acungkan 2 jempol saya untuk anda jika anda benar-benar bisa melakukannya. ckckckkk.... :D

Kenapa harus dengan 10 jari? yups,, saya rasa banyak manfaatnya jika kita bisa mengetik dengan menggunakan 10 jari kita. Salahsatunya kita bisa melakukan pekerjaan kita dalam hal ketik mengetik dengan lebih cepat, terutama bagi anda yang berkerja di kantoran yang keseharian dalam kerjanya selalu berhadapan dengan komputer. Sementara ke sepuluh jari kita digunakan untuk mengetik, pikiran kita hanya tinggal fokus pada apa yang akan kita ketik dan mata kita pun hanya tertuju pada layar monitor untuk memantau apakah ada yang salah dalam pengetikan kita. Jika ada kesalahan dalam mengetik, maka kita tinggal perbaiki dengan cepat tanpa harus mata kita bolak-balik melihat ke keyboard dan ke monitor. Kebayang kan jika mata kita harus disibukkan dengan melihat keatas dan kebawah untuk memantau keduanya (keyboard dan layar monitor monitor)? pasti kepala kita akan cepat terasa pusing.. hehe..,

Bagaimana, tertarik bukan untuk mempelajarinya?   Melalui artikel ini, saya akan coba berbagi dengan anda tentang bagaimana caranya agar kita bisa mengetik dengan menggunakan 10 jari dan saya tidak tidak bermaksud untuk mengajari anda karena saat ini saya sendiri juga belum lancar untuk mengetik menggunakan metode 10 jari ini. Disini kita sama-sama belajar saja ya karena tutorial yang saya publish ini juga merupakan hasil dari googling kemudian saya ambil dari beberapa referensi untuk kemudian saya simpulkan disini agar lebih mudah bagi saya untuk mempelajarinya lagi dan sekalian sambil berbagi dengan anda. 

Okeh, kita mulai yah..
  • Sebagai permulaan, kita pelajari dulu denah keyboard beserta tugas dari masing-masing kesepuluh jari kita nantinya. Berikut denahnya:
Klik untuk melihat lebih jelas.
Dalam gambar keyboard diatas sudah dikelompokkan berdasarkan warna dan setiap warna tersebut menggambarkan tugas masing-masing dari setiap jari kita. Misalnya: warna "pink", berarti semua tombol yang diberi warna ping diatas adalah tombol yang harus ditekan dengan menggunakan jari "kelingking" setiap kita sedang mengetik.
  • Setiap kita mau memulai dalam mengetik, letakkan lah jari-jari kita pada tombol-tombol berikut ini:
Tombol kunci
  • Sekarang anda sudah tahu tugas dari masing-masing jari anda dan tombol-tombol kunci untuk memulai setiap kita mau mengetik. Selanjutnya yang harus kita lakukan hanyalah keuletan kita dalam mempelajarinya.Saya sendiri suka merasa malas dan bosan ketika pertama kali mempelajarinya, tapi saya berharap anda tidak mengalami hal itu. 
  • Untuk mengatasi kejenuhan dalam latihan mengetik, carilah motivasi yang bisa membuat anda menjadi lebih fokus, ulet sehingga anda lebih rajin dan tidak cepat bosan untuk belajar mengetik.
Untuk melatih jari-jari anda agar terbiasa dengan tugasnya masing-masing, mulailah latihan dengan mengetik huruf-huruf seperti di bawah ini:
  1. asdfjkl;    (20x)
  2. qweruiop    (30x)
  3. zxcvm,./    (40x)
  4. the quick brown fox jump over the lazy dog    (50x)
  5. typewriter quick stewardess helicopter brown polycarbonate jump    (20x)
  6. saya sangat bersemangat untuk melatih jari-jari saya agar bisa mengetik dengan menggunakan 10 jari, karena ini akan sangat bermanfaat dan berguna seumur hidup saya.    (20x)
Terus lakukan dan ulangi latihan ini secara rutin sampai anda merasa sudah sangat lancar dan sudah menguasainya.
Untuk membantu memudahkan kita belajar mengetik dengan 10 jari, saya sarankan anda untuk menggunakan software TypeFaster v0.4.2 silahkan download softwarenya disini: [Download TypeFaster v0.4.2]

*cara mendownloadnya: Klik tautan/link diatas, tunggu 5 detik kemudian klik tombol "LEWATI" atau "SKIP AD".
Dan ini preview dari software tersebut:
Selamat belajar.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar