Cari Blog Ini

Memuat...

Selasa, 15 November 2011

Satelit Jerman Bakal Jatuh ke Bumi....??


  
Amerika Serikat: Sebuah satelit buatan Jerman yang sudah habis waktunya di antariksa akan jatuh ke Bumi dalam waktu yang masih menjadi misteri. Estimasi yang diberikan para ilmuwan ialah satelit ini akan jatuh pada Sabtu atau Minggu (22 Oktober atau 23 Oktober).

Beratnya yang mencapai 2,4 ton dikatakan akan hancur ketika masuk atmosfer Bumi. Sekitar 1.6 ton dari puing satelit tersebut seperti 30 kaca berukuran besar akan mencapai daratan di bumi.

"Kami tidak mengharapkan bagian besar dari satelit akan bisa bertahan ketika ia masuk lewat atmosfer bumi," seperti yang dikatakan oleh Jan Woerner, Kepala Badan Antariksa Jerman. "Ketika dalam perjalanan masuk, kita bisa melihat banyak dari bagian satelit itu terbakar. Akan tetapi, bahan seperti gelas atau keramik bisa bertahan hingga mendarat di Bumi."

Ditambahkannya juga, akan ada probabilitas sebesar 1 dari 2.000 kesempatan bahwa satu bahan dari satelit tersebut akan melukai seseorang di Bumi. Hingga saat ini, mereka masih belum bisa mengetahui letak pasti di mana satelit akan mendarat, tetapi perkiraan yang diberikan ialah satelit tersebut akan jatuh di daerah Kanada atau Amerika Selatan.

Faktor seperti perubahan keadaan di atmosfer dapat mengubah tempat satelit akan mendarat. Satelit ini tidak memiliki sistem propulsi, sehingga membuatnya akan masuk ke bumi tidak terkontrol.

"Kami ingin publik memberikan atensinya terhadap kejadian ini, walau masih ada hal yang lebih besar daripada ini," ujar Woerner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar