Cari Blog Ini

Memuat...

Minggu, 04 Desember 2011

Katanya, Mitos Dan Fakta Mengenai Rambut

Apakah menyisir rambut 100 kali setiap malam itu sehat? Apakah jika memotong rambut secara teratur akan membuat rambut tumbuh lebih cepat? Ada banyak hal yang berseliweran di luar sana. Hmmm, yuk cari tahu, mana mitos, mana fakta soal rambut.

Mitos 1 : Memotong rambut secara teratur akan mempercepat pertumbuhannya.
Fakta : Rambut tumbuh setengah inci setiap bulannya, apakah dipotong atau tidak, demikian menurut John   Barrett, pemilik John Barrett Salon di New York City. Namun rambut memang tumbuh agak sedikit lebih cepat di musim panas.
Mitos 2 : Stres dapat membuat rambut berguguran.
Fakta : Meski rambut berguguran sepanjang waktu, sekitar 50 – 120 helai per hari, mungkin saja helaian yang gugur agak lebih banyak saat Anda terkena stres berat, seperti perceraian, kehilangan pekerjaan (PHK) atau menjalani operasi, menurut Gerome Litt, M.D., seorang asisten guru besar dermatologi di Case Western Reserve University School of Medicine in Cleveland. “Hal lainnya adalah kehamilan atau antibiotik. Namun setelah beberapa minggu, rambut umumnya akan tumbuh kembali.”
Mitos 3 : Berganti shampo dapat membuat rambut tampil lebih sehat.
Fakta : Tampaknya begitu, tapi pakar tak setuju. Rambut tak bisa bilang perbedaan antara merek produk yang satu dengan lainnya atau membangun toleransi terhadapnya, kata pakar rambut dan kulit kepala Philip Kingsley.
Mitos 4 : Jika Anda mencabut uban, maka di tempat yang sama akan tumbuh tiga atau empat rambut lain.
Fakta : Meski ini tidak benar, namun mencabut uban merupakan kebiasaan buruk. Anda bisa merusak akar rambut, menyebabkan infeksi atau bahkan borok di bekas cabutan. Ih!
Mitos 5 : Anda tak bisa membuat rambut lurus secara keseluruhan.
Fakta : Lima menit dengan menggunakan roll besar panas, cukup untuk membuat rambut lebih lurus berkilau.
Mitos 6 : Untuk mendapatkan rambut yang benar-benar bersih, lakukan langkah ini “keramas, bilas dan ulangi lagi”.
Fakta : Cukup keramas dan bilas saja, tak usah diulang
Mitos 7 : Mencuci rambut dengan air dingin setelah bershampo akan membuat rambut lebih bersinar.
Fakta : Air dingin mungkin membuat Anda ‘terjaga’, namun berliter-liter air dingin tak akan berdampak pada kilau rambut Anda.
Mitos 8 : Mewarnai rambut akan menyebabkan kerusakan.
Fakta : Produk pewarnaan sekarang ini cukup lembut dan tidak akan merusak rambut. Beberapa produk bahkan menambahkan kondisioner yang membuat rambut lebih gampang diatur. Namun jika pengecatan ini merupakan yang pertama kali, konsultasikan dulu dengan hair stylist Anda.
Mitos 9 : Rambut bercabang bisa diatasi dengan produk yang tepat.
Fakta : Sekali bercabang, rambut akan tetap seperti itu, kecuali Anda memotongnya.
Mitos 10 : Anda harus menyisir rambut 100 kali setiap hari
Fakta : Sisirlah rambut hanya saat Anda menatanya, sebab bolak-balik menyisir malah akan menarik rambut dari folikelnya dan melemahkan helaian rambut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar