Cari Blog Ini

Memuat...

Senin, 02 Januari 2012

Binter Merzy, Mainkan Part Imitasi Jadi BMW R25

Modif Binter Merzy, 1982 (Bandung)


Motor lawas BMW R25 harga pasarannya sudah melambung. Tidak lagi terjangkau oleh isi kocek Asep. Tapi, namanya biker sejati, Asep enggak mau kehilangan akal. Bermodal Binter Merzy, tampilan disulap jadi besutan asal Jerman itu.

Yup, memang bukan pekerjaan mudah dalam proses modifikasi. Itu karena pria yang tergabung di MMC Outsiders Bandung ini menginginkan detail serupa.

Mesin dan beberapa bagian rangka masih dipertahankan pakai Binter Merzy. “Frame depan masih asli Binter Merzy, tapi areal sub frame dan lengan ayun seluruhnya sudah dibuat ulang mengandalkan pipa besi,” jelas pria yang ditemui MOTOR Plus saat menghadiri Bandung Bike Week beberapa waktu lalu itu.

Rangka belakang juga sudah dibuat meyesuaikan dengan tekukan BMW R25. Ini untuk meyiasati agar suspensi belakang masih bisa mengandalkan sok standar Merzy. Sebab sok BMW R25 yang punya model plunger, sulit untuk berburu aslinya lantaran memang sudah langka.

“Makanya biar aman, sokbreker belakang dan model rangka meniru desain BMW R25,” lanjut Asep lagi. Untuk mengakali kedua sok tadi, tetap pakai bawaan Binter Merzy. Hanya bagian luar dibungkus pipa besi bulat agar mirip sok asli BMW R25 yang tampilannya klasik.  

Area depan jadi perhatian khusus, karena kalau meleset sedikit saja, tampilan BMW R25 bakal kabur. Sok depan BMW R25 yang punya model teleskopik sama seperti bawaan Merzy. Untuk itu Asep hanya bungkus bagian atas sok dengan pipa besi biar serupa.

“Headlamp dan batok lampu sudah mengandalkan milik BMW R25. Biar ngirit pakai produk imitasi yang banyak beredar di Bandung. Inilah kuncian yang bikin tampilan depan mirip aslinya,” jujur Asep.

Beberapa komponen imitasi lain diaplikasi untuk menunjang tampilan BMW R25. Seperti lampu belakang dan dudukan, area setang, sampai jok. Sayang karet tangki gak dipasang!
DATA MODIFIKASI
Ban depan : IRC 90/80-18
Ban belakang  : IRC 80/70-18
Knalpot     : Custom
Setang   : Imitasi BMW R25
Lampu belakang: Imitasi BMW R25 

1 komentar:

  1. mantab bro ..
    minta ijin artikel ini saya muat di blog saya.
    boleh ?

    BalasHapus