Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 11 Januari 2012

Paking Tembaga Mampu Menahan Tekanan Tinggi



Dipasang diantara head dan blok
Mekanik balap, sudah biasa menggunakan paking tembaga. Biasanya dipakai oleh komunitas bore up atau balap liar. Dipasang diantara kepala dan blok silinder. 

Bahan tembaga punya sifat lebih lentur. Kalau ditekan oleh blok dan kepala silinder, mampu mengikuti bentuk permukaan yang menekan. “Sehingga bisa lebih rapat dalam menyekat kebocoran,” jelas Novri Zainulloh dari NZ Racing di Gondrong, Jakarta Barat.

Novri mencontohkan ring di baut kepala silinder, ada yang terbuat dari tembaga. Biasanya ring ini dipakai pada buat blok yang lubangnya dialiri pelumas. Ring tembaga ini mampu menahan pelumas yang bertekanan tinggi supaya tidak bocor. Coba kalau pakai ring biasa, dipastikan pelumas akan rembes. Berarti, ring tembaga flesibel mengikuti kontur permukaan yang harus disekat.

Nah, berdasarkan pemikiran itu, paking tembaga bisa dipakai untuk menutup kebocoran pada bagian yang bertekanan. Misalnya diantara blok dan kepala silinder. Yang disekat bukan cuma tekanan dalam silinder akibat kompresi ruang bakar. Tapi, disana juga terdapat tekanan pelumas.   

Paking tembaga bisa digunakan diantara kepala silinder dengan blok juga karena tahan terhadap suhu tinggi. Tidak mudah terbakar. Mampu menahan panas ruang bakar.

Menurut Novri, yang beredar di pasaran biasanya paking tembaga buatan Thailand. Tebalnya antara 0,5 sampai 0,8 mm.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar