Cari Blog Ini

Memuat...

Kamis, 05 Januari 2012

PANDUAN REPARASI HONDA KHARISMA


SISTEM KONTROL GAS BUANG

Proses pembakaran menimbulkan karbon monoksida dan hidrokarbon. Mengontrol pembuangan hidrokarbon sangatlah
penting sebab, dalam kondisi tertentu, hidrokarbon tersebut bereaksi dan membentuk lapisan tipis apabila terkena sinar
matahari. Sedangkan karbonmonoksida tidak bereaksi seperti hidro karbon, akan tetapi karbon monoksida tersebut bersifat
racun.

Panduan Reparasi HONDA Kharisma

SISTEM KONTROL GAS BUANG PADA BAK MESIN

Mesin sepedamotor ini didesain sedemikian rupa sehingga tidak ada gas buang yang lari keluar dari dalam bak mesin ke
udara luar. Gas buang sisa ditekan kembali keruang pembakaran melalui saringan udara dan karburator.





SISTEM KONTROL EMISI GAS BUANG (SISTEM INJEKSI
UDARA SEKUNDER DENGAN PULSA)

Sistem kontrol emisi gas buang terdiri dari sistem suplai udara sekunder yang menyebabkan udara bersih masuk ke lubang
masuk gas buang. Udara segar tertarik masuk ke dalam lubang gas buang setiap kali ada pulsa tekanan negatif pada sistem
pembuangan gas. Adanya udara segar ini menyebabkan pembakaran daripada sisa gas buang yang belum terbakar dan
merubah sejumlah banyak hidrokarbon dan karbon monoksida menjadi karbondioksida dan uap air yang relatif tidak begitu
berbahaya.Panduan Reparasi HONDA Kharisma, Sepeda motor ini diperlengkapi dengan katup kontrol injeksi udara sekunder dengan pulsa dan katup pengecekan
injeksi udara sekunder dengan pulsa.
Klep daun mencegah aliran balik udara. Sedangkan katup kontrol bereaksi akibat tingginya kevakuman didalam gas buang
dan menyebabkan terhentinya suplai udara segar selama penurunan kecepatan mesin, sehingga mencegah terbakar ulangnya
gas buang didalam mesin.
Sistem injeksi udara sekunder dengan pulsa ini tidak memerlukan penyetelan, walaupun demikian pemeriksaan secara teratur
terhadap komponen-komponennya tetap dianjurkan.
Panduan Reparasi HONDA Kharisma

PERAWATAN

1.SALURAN BAHAN BAKAR

Periksa saluran bahan bakar terhadap pemburukan, kerusakan
atau kebocoran.
Ganti saluran bahan bakar bila perlu.


2. CARA KERJA GAS TANGAN


Periksa terhadap kelancaran pembukaan penuh putaran gas
tangan dan penutupan otomatis penuh pada semua posisi
stang stir.
Periksa kabel gas tangan dan ganti bila keadaannya memburuk,
tertekuk atau rusak.
Lumasi kabel gas, jika pengoperasian gas tangan tidak lancar.
Ukur jarak main bebas pada flens pegangan putaran gas tangan.

JARAK MAIN BEBAS: 2 - 6 mm

Jarak main bebas putaran gas tangan dapat disetel pada
penyetel kabel gas.


Lepaskan penutup debu dari penyetel.
Setel jarak main bebas dengan melonggarkan lock nut (mur
pengunci) dan memutal adjuster (penyetel).
Periksa kembali pengoperasian gas tangan.
Ganti part yang rusak, bila perlu.

CARA KERJA CUK

Periksa terhadap kelancaran pengoperasian handel cuk dan
lumasi kabel cuk bila perlu.
Periksa kabel terhadap retak-retak yang dapat memungkinkan
masuknya kelembaban.
Ganti choke cable (kabel cuk) bila perlu.

untuk lebih jelasnya dan kalian bisa lebih faham tentang Panduan Reparasi HONDA Kharisma Bisa kalian Download file pdfnya disini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar