Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 18 Januari 2012

Suzuki Satria 120R, Total Buat Contezt Doang

Modif Suzuki Satria 120R, 2000 (Denpasar)

Jika ingin mencari atau menemukan modifikasi aliran racing dengan fokus drag look, Denpasar salah satu lokasi yang pas. Di pulau dewata, tampilan motor-motor drag look sangat gampang dijumpai. Meskipun hanya buat contezt, tapi ubahan yang dilakukan terbilang total. Tentu saja dengan tidak melupakan sisi estetika.

Contoh nyatanya bisa dilihat di Suzuki Satria 120R milik I Putu Krisna ini. Sisi luarnya sudah diubah xtreme. Misalnya saja rangka. Di beberapa tempat sudah dibolong-bolong supaya bobot motor berkurang.

"Saya lihat ini hal yang paling sering dilakukan di motor drag, karena itu step awal itulah yang saya lakukan," kata Krisna. Ukuran dan bentuk lubangnya beragam, tergantung posisi. Satu hal yang pasti, dalam melubangi ini juga harus memperhatikan keindahan motor. Jangan sembarangan.

Bahkan proses ini juga dilakukan pada suspensi depan. "Sok yang masih menggunakan originalnya juga dilubangi di beberapa titik," tambahnya. Wah semoga oli soknya nggak pada muncrat tuh, bro.

Kelar urusan melubangi rangka, tentu saja mengurus bentuk bodi. Namanya motor drag, sudah pasti bodinya minimalis. Hanya beberapa bagian saja dari cover bodi yang masih disisakan.

"Hanya di dada depan dan belakang, itu pun dilubangi," kata pemuda ini lagi. Supaya lebih menarik, seluruh bagian bodi dan rangka juga diberi finishing airbrush yang menarik.

"Motifnya diambil dari salah satu tim drag asal Solo, tapi tentu saja dicustom ulang lagi," kata pria dari bengkel Nano Motor (NM) di Jl. Andong No. 77, Peliatan, Ubud ini.

Untuk urusan motif, seniman Bali tak usah diragukan lagi. Hampir semua bagian motor diberi semprotan yang sama. Bahkan sampai pelek dan mesin. Pokoknya total deh.

Oh ya, kalau lihat peleknya ada sesuatu yang unik. Yaitu model kembangan jari-jarinya. "Sengaja bisa dicustom ulang supaya terlihat tidak pasaran," cerita Krisna lagi.

Totalitas di roda ini bisa juga dilihat dari pemilihan ban slick. Jadi, meskipun hanya bermain di arena contezt saja, tapi untuk ban tak kalah dengan motor drag benaran. "Ban ini enggak dipakai jalan kok, jadi pastinya aman. Tidak melanggar kaidah safety riding," belanya.

Satu hal lagi, masalah totalitas pada urusan mesin. Walaupun tidak pernah turun di garis start balapan 201 meter, tapi dapur pacu juga sedikit dioprek. Misalnya saja piston sudah diganti dengan punya Suzuki RG Sport.

"Selain itu pengapian dan karbu juga sudah pakai yang sering diaplikasi motor drag sesungguhnya," tutup Krisna. Selain CDI racing, plus Karburator Sudco 34.

Sadizzz.
DATA MODIFIKASI
Pelek: Custom
Ban: Swallow 60/80-17
Sok belakang: Kitaco
Setang: Custom
Spidometer: Koso
CDI: Rextor
Knalpot: CMS
NM: 0878-6060-0556

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar