Cari Blog Ini

Memuat...

Senin, 02 Januari 2012

Yamaha Mio Sporty, Chopper Anak Buat Contezt

Modif Yamaha Mio Sporty, 2008 (Tangerang)


Cinta orang tua kepada anak, diperlihatkan Biing dengan memodifikasi Yamaha Mio Sporty miliknya. Setelah jadi, anaknya yang bernama Davin T. Maker, malah meminta sang ayah untuk menurunkan skubek itu di ajang contezt Yamaha Cuzztomatic 4 Region 3, di Bandung, Jawa Barat (30/10).

Hasilnya, tak sia-sia. Skubek bergaya chopper ini, berhasil meraih juara 3 di kelas Automatic X-Treme MEFRIK. “Awalnya hanya sebatas bikin untuk anak. Tapi, enggak sangka juga kalau bisa dapat juara. Anak saya, Davin, jadi lebih bangga,” ungkap pria yang tinggal di Perumahan Modern Land, Tangerang.

Dalam proses pembuatannya, Biing tidak sendiri. Dia membutuhkan jasa beberapa teman. Salah satunya Harry yang juga pemilik workshop Harry Matic dari Jl. Ciputat Raya, Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

Demi mengejar gaya chopper, sasis bawaan Mio tak lagi terpakai. Biing lebih pilih bikin rangka baru dari pipa baja diameter 2 inci. “Terutama untuk bagian tengah dan yang menopang jok juga sok,” kata pria yang ogah disebut modifikator karena yang dilakukannya sebatas hobi.

Sedang untuk sudut rake, ditentukan bersama Harry. “DIbikin jadi 45ยบ. Soalnya untuk bisa mengejar posisi sokbreker agar sedikit lebih landai dan panjang ke depan,” timpal Harry yang pernah bikin modifikasi bergaya chopy cub.

Tangki, dibikin ulang dari besi pelat 1,2mm. Biing sendiri bilang tidak ada gaya khusus. Hanya ikuti desain sasis dan model keseluruhan aja. Sama seperti saluran buang yang didesain mengikuti lingkar roda belakang. Begitu juga bahan jok. Dibuat dari pelat berukuran sama.

Kasih ayah dong nih!

Penyesuaian Demi Anak
Karena untuk anaknya yang masih berusia 13 tahun, posisi riding mengalami penyesuain beberapa bagian. Yaitu, raiser setang panjang ke belakang dan jok terlalu dekat tangki juga posisinya agak turun. Kalau joknya sejajar, mungkin akan lebih menarik lagi!

Begitunya soal urusan redam kejut kala berkendara, bagian depan sudah ditopang upside down variasi biar terlihat lebih kekar. Sedang bagian belakang, sudah aplikasi monosok Yamaha Jupiter MX 135LC. 

 DATA MODIFIKASI
Ban depan    : IRC 90/90-18
Ban belakang    : Swallow 160/60-14
Handel rem    : Ride IT
Cakram    : PSM
Biing    : (021) 8543-9897

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar