Cari Blog Ini

Memuat...

Kamis, 02 Februari 2012

Hati-hati dengan Nasi Putih

Sebuah penelitian yang diadakan di AS baru-baru ini terhadap 200.000 orang responden yang mengkonsumsi nasi putih sebagai makanan ternyata dapat meningkatkan resiko diabetes hingga 17%.

Nasi putih sebagai makanan pokok orang Indonesia memiliki potensi menaikkan resiko diabetes apabila dikonsumsi secara berlebih. Sebagai gantinya beras merah mempunyai alternatif terbaik sebagai sumber energy. Hal ini dikarenakan beras merah memiliki kandungan serat, vitamin B, mineral, asam folat, yodium, seng dan juga kalium yang tinggi.

Mengganti nasi putih dengan beras merah merupakan salah satu cara terbaik menekan peningkatan gula darah. Alasannya, nasi halus atau putih bisa meningkatan kadar gula darah Anda. Hal ini dijelaskan oleh fakta bahwa beras merah kaya serat yang bisa digunakan untuk diet. Penggilingan beras coklat menghapus sebagian besar serat tersebut, sehingga kadar glukosa darah lebih tinggi.

Hasil penelitian, ditemukan bahwa porsi makan 150 gram beras putih lebih dari lima kali seminggu meningkatkan risiko diabetes sebesar 17 persen dibandingkan dengan orang-orang yang makan hanya satu porsi nasi dalam sebulan.

Penemuan ini dapat menjadikan kita waspada terhadap makanan yang masuk ke perut, kecuali anda ingin hidup dibumi ini tidak terlalu lama alias singkat. Mulai sekarang coba anda perhatikan asupan gizi yang masuk ke perut anda setiap harinya terutama bagi orang yang berpotensi menderita penyakit gula / kencing manis / diabetes melitus.

1 komentar:

  1. segala sesuatu yg berlebihan itu memang tidak baik, semua ada porsinya, nice info sobat

    BalasHapus