Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 16 November 2011

Makanan Panggang Bisa Menyebabkan Kanker

 Banyak orang senang menikmati makanan yang dipanggang, dan banyak restoran yang menyajikan hidangan makanan dengan cara dipanggang. Tetapi para ilmuwan mengatakan bahwa pilihan terhadap makanan yang dipanggang dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Dibandingkan dengan yang direbus, memasak makanan dengan memanggang bisa meningkatkan resiko kanker hingga dua kali lipat, meskipun dagingnya dimasak hingga matang. Para ilmuwan menemukan bahwa daging yang dipanggang atau digoreng menyebabkan mutasi karsinogenik pada permukaan makanan itu.

Penelitian yang dilakukan oleh Institut kesehatan publik Norwegia menguji tikus sebagai percobaannya yang diharapkan merefleksikan kondisi serupa pada manusia. Mereka menemukan bahwa manusia memiliki enzim tertentu yang disebut sulfotransferases (sult) dalam beberapa bagian dari tubuh mereka. meski begitu, enzim ini hanya ditemukan pada hati tikus.

Enzim Sult berfungsi untuk merubah beberapa kandungan dalam makanan agar tidak berbahaya. Selain itu, Enzim ini juga memiliki kemampuan untuk merubah makanan menjadi karsinogenik atau kandungan penyebab kanker.

Dalam penelitiannya terhadap tikus, para peneliti menemukan, perkembangan tumor usus pada tikus yang sering mengkonsumsi makanan yang dipanggang dan digoreng. Seperti dikutip Dailymail, hasilnya menunjukan bahwa para ilmuwan menemukan tumor usus meningkat dari 31 hingga 80 persen pada tikus yang memakan daging yang dipanggang, sama seperti manusia.

Para ilmuwan mengakui, bahwa tikus bukanlah percobaan yang sempurna untuk menggambarkan resiko kesehatan usus manusia melalui konsumsi makanan yang terkontaminasi. Penelitian ini tentunya masih memerlukan perkembangan dan penelitian lanjutan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar