Cari Blog Ini

Memuat...

Kamis, 01 Desember 2011

Suplemen Kalsium Tingkatkan Risiko Serangan Jantung

Suplemen Kalsium Tingkatkan Risiko Serangan Jantung | Artikel Kesehatan - Ada indikasi bahwa makin banyak simpanan kalsium pada tubuh wanita sebelum menopause, makin kecil risikonya untuk menderita osteoporosis berat. Bahan makanan mengandung kalsium dan suplemen akan membantu mempertahankan kadar kalsium maksimal.

Banyak dokter menganjurkan suplemen kalsium untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Namun studi terkini  menyebutkan, orang lanjut usia harus berhati-hati mengonsumsi suplemen kalsium. Penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal menyebutkan orang yang mengonsumsi suplemen kalsium 30 % lebih beresiko terkena serangan jantung.

Data dari 11 penelitian juga menyatakan obat-obatan medis kurang efektif untuk mencegah fraktur tulang akibat osteoporosis. Padahal, saat ini jutaan orang di dunia mengonsumsi suplemen kalsium untuk mencegah patah tulang. Itu sebabnya para ahli merekomendasikan dokter untuk mengkaji kembali penggunaan suplemen kalsium.

Penelitian dilakukan terhadap 12.000 orang berusia lebih dari 40 tahun yang ikut ambil bagian dalam penelitian. Mereka mengonsumsi suplemen kalsium 500 mg setiap hari. Risiko serangan jantung ditemukan baik pada pria atau wanita dan tidak tergantung pada usia dan tipe suplemen yang diberikan.

Belum jelas benar mengapa suplemen kalsium meningkatkan risiko serangan jantung namun para ahli menduga peningkatan jumlah kalsium dalam darah bisa memicu pengerasan arteri

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar