Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 16 November 2011

Wah, Ternyata Minum Air Putih Sebelum Makan/Tidur Bisa Sebabkan KEMATIAN!!!

Sebelumnya pernah ada pembahasan tentang bahaya minum air putih sambil berdiri, dan kali ini akan ada pembahasan dengan topik yang masih berhubungan dengan air putih.
Bahaya minum Air putih sebelum makan - Buat meredam makan berlebih banyak biasanya kita minum air terlebih dahulu sesaat sebelum makan. Iya kan?

Sebaiknya baca ini dulu deh, Mengonsumsi air terlalu banyak tepat sebelum makan memang bisa bikin kita kehilangan nafsu makan karena lambung menjadi penuh (cocok buat para diet maniak) Tapi tahukah kawan akibat dari lambung yang penuh itu?
Minum air sesaat sebelum makan akan membuat proses penyerapan makanan oleh enzim menjadi lebih sulit. Karena air yang diminum butuh waktu 30 menit mengalir dari lambung menuju usus. Sehingga enzim penyerapan makanan bekerja ekstra keras karena lahan/tempat mereka lebih dulu digenangi zat lain.
Apa itu? Ya, tentu saja air yang habis kita minum...

Profesor Hiromi Shinya MD, pakar enzim yang juga guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine AS,menyarankan agar minum air putih dilakukan 1 jam sebelum waktu makan. Atau bisa mengatur jadwal minum air putih sehari2 seperti berikut: * 1-3 gelas saat bangun tidur pada pagi hari * 2-3 gelas, 1 jam sebelum makan siang
* 2-3 gelas, 1 jam sebelum makan malam.
*beberapa gelas lagi buat sewaktu-waktu kehausan diluar jam tersebut


Bahaya minum air putih sebelum tidur - Minum air sesaat sebelum tidur bisa mencegah terjadinya aliran balik. Walaupun hanya air, kalo bercampur dengan asam lambung bisa memasuki tenggorokan dan terhirup ke dalam paru-paru yang dikhawatirkan risiko menderita pneumonia (radang paru-paru). serangan pneumonia,penyakit radang paru-paru,gambar penampang organ tubuh
Untuk itu, alangkah baiknya membiasakan diri ketika tidur dengan perut kosong karena tenggorokan dirancang agar tidak ada yang masuk ke dalamnya selain udara. Jika masih ada makanan atau minuman, isi lambung akan meluap naik menuju kerongkongan saat Anda merebahkan diri.

Lalu apa yang akan terjadi?
Ternyata pada situasi itu tubuh akan menyempitkan saluran pernapasannya dan berpotensi menghentikan pernapasan untuk mencegah isi lambung memasuki tenggorokan. Ngeri sekali kan akibanya??

Banyak kejadian orang meninggal akibat serangan jantung pada dini hari. Penyebabnya sama, yakni akibat asam yang mengalir balik sebagai akibat makan atau minum larut malam, dan berakhir pada tertutupnya saluran pernapasan, kemudian napas jadi tidak teratur, kadar oksigen dalam darah berkurang dan akhirnya kurang persediaan oksigen menuju otot jantung.

Alangkah bagusnya minum air setelah bangun tidur karena cairan yang hilang harus cepat diganti saat bangun tidur. Tidak disarankan minum air sebelum tidur, tapi jika sangat haus, bisa dilakukan satu jam sebelum waktu tidur.
Tapi jika tiba2 terbangun lalu mendadak kehausan bagaimana? Hmm, menurut saya kronologisnya sama dengan minum sebelum tidur. Toh setelah minum tidur lagi kan??
Kecuali langsung bangun untuk menunaikan sholat Shubuh....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar