Cari Blog Ini

Memuat...

Minggu, 18 Desember 2011

21 Resep untuk Meningkatkan Energi


Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan kepada Allah Penguasa alam semesta raya ini, kita masih diberikan anugerah kesehatan untuk dapat dapat melaksanakan perintah-Nya. Ya,,,ibadah puasanya sobat Sekitar Kita sampai hari ke 15 tadi lancar-lancar aja kan ?! Shalat sunnah tarawih juga sobat kerjakan dong soalnya pahalanya guedde banget, apalagi kalau dikerjakan pada malam ke 16. Sesuai dengan sabda Rasulullah "Barang siapa yang mengerjakan shalat tarawih pada malam ke 16, Allah akan membebaskan dia dari api neraka dan memperbolehkan dia masuk ke syurga dari pintu manapun". Subahannallah...dan selengkapnya keutamaan shalat tarawih dapat sobat intip disini.
Oh ya, sobat pernah mengalami salah satu hal di bawah ini gak ?

"Gara-gara jam weker rusak jadi terlambat bangun deh untuk makan sahur."
"Gara-gara nonton sampai larut malam jadi gak dengar suara marbot masjid membangunkan sahur."
Yah...makan sahurnya dikit karena mepet imsak."
dan kemungkinan masih banyak lagi kalimat "gara-gara" yang lain lagi yang membuat semua jadi "kacau"

 Kalo jawabnya iya, pasti merasakan hal-hal berikut ini kan ?!

Siang harinya badan menjadi lemes seperti gak ada energi, letih, lesu dan jadi lebih sulit untuk fokus di tempat kerja, padahal gak ngerjain yang berat-berat. Kalau kejadiannya seperti ini si BOZ bisa marah-marah sampe kuping panas dengernya...(eitzzz gk boleh su'udzon, bisa mengurangi berkah puasa sobat nantinya).
Sayang banget karena bisa berdampak negatif dengan karier sobat.

Kira-kira ada solusinya nggak ya ?!
"Ya,,,saya punya solusi untuk sobat".
Di bawah ini ada 21 resep meningkatkan energi yang dapat sobat coba terapkan.
  1. Konsumsi sinar matahari
  2. Paparan sinar matahari langsung minimal 10 menit pada pagi hari sangat baik untuk kesehatan sobat karena sinar matahari sangat berjasa dalam membantu pembentukan vitamin D di dalam tubuh. Selain itu juga dapat meningkatkan kadar serotonin yang membuat perasaan kita tenang.
  3. NTT
  4. NTT bukannya Nusa Tenggara Timur. NTT di sini maksudnya adalah naik turun tangga. Saya menyebutnya "ntt" hanya untuk have fun aja kok, tidak ada unsur politis. NTT dapat berfungsi untuk memompa jantung.
  5. Ngopi yuk...!!!
  6. Minum kopi misalnya espresso. Espresso dipilih karena dapat bersifat sebagai antioksidan yang paling kuat. Menyeduh espresso artinya mengekstrak semua flavor kopi dan tidak memecah minyak volative sehingga espresso berkemungkinan paling kecil menyebabkan efek sakit di dalam perut_asam perut kembali ke tenggorokan (esophagus) yang dapat menyebabkan rasa panas di bagian dada serta kondisi badan tidak nyaman. Warning! Ngopinya malam hari ya sob, kan ge puasa.
  7. Asah otak dengan TeTeEs (TTS)
  8. Ketimbang boring bin bete, mending mengasah otak sobat dengan mengisi TTS (Teka Teki Silang). Selain dapat meningkatkan energi, mengisi TTS juga dapat menghilangkan kejenuhan, melatih meningkatkan daya ingat dan membuat otak sobat lebih "tajam" tentunya, setajam SILET, hehehe...
  9. Peregangan otot
  10. Singkirkan pikiran sobat jika yang ada di benak sobat adalah peregangan otot seperti aksinya Ade Rae. Peregangan otot di sini maksudnya adalah olahraga kecil dengan tujuan melepaskan kepenatan dan keletihan otot yang disebabkan karena terlalu lama duduk. Dalam kondisi kerja nonstop menyebabkan otot menjadi fatique (lelah) dan keram otot. Sesibuk apapun pekerjaan sobat di tempat kerja, kesehatan adalah hal yang paling utama.
  11. Smoothie...pengeeeennn ?!
  12. Smoothie dalam keseharian tak jauh berbeda dengan minuman jus, hanya saja dalam membuat smoothie menggunakan susu skim (susu kedelai), buah sesuai selera dan es batu secukupnya. Semua bahan di blend sampai halus. Hmmmm...tiba-tiba jadi pengen smoothie. Dinikmati untuk buka puasa seger banget pastinya, tapi sobat kudu ingat ya, smoothie untuk buka puasa jangan terlalu banyak es batunya karena buka puasa dengan sesuatu yang terlalu dingin kurang bagus untuk tubuh.
  13. Khayalan tingkat tinggi
  14. Jadi ingat lagunya Sheila on 7... Dalam bahasa kerennya "guided imagery". Dengan berkhayal tidak ada sesuatu apapun yang dapat mengekang kebebasan alam pikiran sobat. Semakin dalam sobat tenggelam di dalam khayalan tersebut, sobat akan merasa lebih nyaman, santai, dan rileks. Dalam kondisi rileks seperti inilah sebagai aba-aba untuk bangun dari "tidur Anda" secara perlahan-lahan (kok seperti dialog magician Uya Kuya ? Embeeeeerr.........!!!).
  15. Baca puisi
  16. Sambil istirahat disela-sela kesibukan bekerja, membaca puisi menjadi pilihan tepat. Setelah membaca puisi, kita merenungkan isi yang terkandung dalam puisi tersebut. Dalam keadaan hening seperti ini akan membawa perasaan tenang sobat sehingga secara tidak langsung membuat pikiran sobat lebih fresh dan merasa berenergi kembali.
  17. Jalan-jalan
  18. Jalan kaki sangat bagus untuk kesehatan, bahkan dapat meningkatkan energi sobat pula. Bahkan berdasarkan penelitian para periset Amerika, merumuskan rumusan jalan kaki sedang adalah 100 langkah per menit, 1000 langkah per 10 menit, 3000 langkah per 30 menit dan yang paling bagus sebagai tahap awal latihan adalah 1000 langkah per 10 menit.
  19. Say no to "makanan manis"
  20. Makanan yang manis dapat memberikan energi akan tetapi tidak bertahan lama. Oleh sebab itu di anjurkan mengkonsumsi camilan (snack) yang mengandung protein karena dapat memberikan energi dalam waktu yang relatif lebih lama.
  21. Menulis diary
  22. Dengan menggiatkan menulis diary, secara tidak langsung melatih sobat untuk memikirkan sesuatu hal, mencatatnya dan menuangkan ke dalam buku harian. Dalam proses tersebut, sobat tidak terlepas dari menemukan sesuatu, merenungkannya sehingga melatih otak kita untuk menjelaskannya melalui sudut pandang kita pribadi. Menulis diary juga sama halnya dengan melukis "peta kehidupan" sobat.
  23. Mencontek bangsa Roma
  24. bangsa Roma biasanya meningkatkan adrenalin dengan menceburkan diri di kolam air dingin (frigidarium). But...sobat gak mesti jauh-jauh ke Roma untuk praktikkan hal ini, sobat cukup membasuh wajah dengan air dingin kok. Kurang dingin ?! Masukkan wajah sobat di frazzer lemari es (ups..sorry, just kidding !)
  25. Secangkir teh. Ya I like it
  26. Minum secangkir teh di sela pekerjaan membuat perasaan lebih santai apalagi green tea (teh hijau). Green tea adalah pilihan terbaik karena mengandung antioksidan tertinggi dan sedikit kafein. Green tea sangat berkhasiat untuk kesehatan sebagai penurun resiko penyakit jantung dan kanker. Untuk penderita penyakit magh, sebaiknya menghindar dari meminum teh jenis apapun karena dapat meningkatkan tingkat keasaman lambung.
  27. Melebarkan mulut
  28. Ingat,,sobat sedang berpuasa. Jadi mulutnya jangan terlalu dilebar-lebarkan, secukupnya seperlunya saja. Melebarkan mulut dalam arti "tertawa". Dengan tertawa membuat perasaan menjadi senang. Tertawa bersama-sama dengan teman yang lebih banyak akan membuat tertawa sobat lebih berkualitas, bersamaan menonton film lucu seperti film "Mr. Bean" misalnya.
  29. Aromatherapy
  30. Menghirup udara dengan aromatherapy (wewangian) yang lembut dapat memberikan perasaan relaksasi sehingga dapat meningkatkan energi sobat. Warning! Memasukkan sesuatu pada anggota tubuh "yang berlubang" secara sengaja di bulan Ramadhan dapat membatalkan puasa...(aromtherapy gak boleh dihirup langsung di hidung). Jika aromatherapy ditempatkan dalam suatu wadah tertentu dengan tujuan mengharumkan ruangan insyaallah boleh dan tidak membatalkan puasa.
  31. Katakan Ya untuk suplemen
  32. Mengingat sekarang ini sedang bulan puasa, alangkah baiknya apabila sobat mengkonsumsi suplemen tertentu yang dapat memberikan stamina yang kuat disaat puasa.
  33. Mendengarkan musik
  34. Mendengarkan lagu favorit sobat dapat memberikan "semangat 45" dalam bekerja.
  35. Secangkir cokelat
  36. Secangkir cokelat yang disarankan adalah cokelat yang berasal dari bubuk biji kakao yang tidak mengandung gula dan menggunakan gula rendah kalori sebagai pemanis ditambah dengan susu skim, dapat memberikan sejumlah protein dalam tubuh sobat. Ada protein berarti ada energi. Selain itu, cokelat dapat berfungsi untuk meningkatkan ingatan dan menurunkan resiko penyakit jantung.
  37. Feng Shui
  38. Feng shui sebagai kepercayaan cina adalah meletakkan suatu benda yang dipercaya mendatangkan keberuntungan. Akan tetapi jika peletakannya salah maka akan menghambat keberuntungan. Wallahu a'lam teori seperti ini benar atau tidaknya saya tidak begitu paham. Warning! Terlalu mempercayai kebendaan membuat kita menjadi musyrik.
  39. Breakfast
  40. Breakfast atau sarapan dan dalam keadaan berpuasa dilakukan sebagai makan sahur. Jadi, makan sahur selain sunnah dalam bulan Ramadhan, juga dapat memberikan energi yang cukup selama kita menahan makan dan minum selama kurang lebih 14 jam (puasa).
  41. Tarik nafas dalam.
  42. Sobat coba untuk menarik nafas dalam lewat hidung sampai hitungan ke empat, menahannya sampai hitungan ke tujuh, baru emudian menghembuskannya perlahan-lahan lewat mulut sampai hitungan ke delapan. Jika sobat melakukannya berulang kali akan memberikan suasana nyaman dan dapat meredakan perasaan yang kacau (stres).
Gak terasa sudah hampir pagi. Lumayan melelahkan dan juga sudah larut malam banget.  Lain waktu disambung dengan tema yang berbeda.

Semoga resep di atas bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar