Cari Blog Ini

Memuat...

Minggu, 18 Desember 2011

Tips Mencegah Timbulnya Jerawat



Jerawat atau yang biasa juga disebut acne, suatu istiah yang tak asing lagi bukan ?
Ya..jerawat merupakan suatu gejala yang ditimbulkan sebagai reaksi dari penyumbatan pembuluh darah pada jaringan dermis sehingga menimbulkan pembengkakan. Pembengkakan inilah yang berpotensi sebagai pemicu timbulnya masalah jerawat.
Jerawat dapat menyerang siapa saja, dapat menjadi momok yang sangat menakutkan bagi kaum remaja sehingga dapat berakibat sebagai "syndrom" yang sangat dibenci khususnya oleh kaum remaja putri. Tumbuhnya jerawat terutama di bagian wajah sangat mengganggu bahkan dapat menyebabkan menurunnya intensitas performance dan interaksi individu dalam pergaulan. Yang lebih parah lagi, jerawat dapat mengikis rasa percaya diri sehingga menimbulkan kualitas hidup yang semakin menurun.


Beberapa tips di bawah ini mungkin dapat dipraktikkan langsung, guna sebagai upaya mengantisipasi dan menghindari timbulnya jerawat.

Tips 1 Bersihkan wajah dua kali sehari dengan menggunakan sabun khusus
Gunakan sabun khusus jerawat yang mengandung sulfur. Pada saat menggunakan sabun tersebut, usahakan dengan tata cara usapan yang halus lembut ketika menyapukannya pada wajah karena kulit wajah sangat sensitif terhadap tekanan. Membersihkan wajah cukup dua kali saja dalam sehari (sekali ketika bangun pagi dan sekali malam sebelum tidur), karena membersihkan wajah secara berlebihan dapat menstimulir kelenjar sebaceous untuk memproduksi lebih banyak sebum yang dapat meningkatkan timbulnya jerawat.
Tips 2 Menjauhkan rambut dari wajah
Rambut yang panjang ataupun yang berponi ternyata dapat sebagai pemicu timbulnya jerawat. Sebagai antisipasinya, cobalah mulai dari sekarang membiasakan menyisir rambut selalu menjauhi arah wajah. Rambut mengandung minyak dan apabila terkena wajah dapat menempel pada kulit wajah sehingga menyebabkan timbulnya jerawat.
Tips 3 Mencuci rambut setiap hari
Tips yang ke tiga ini penting sekali karena selain rambut serta kulit kepala sehat, hal ini juga dapat memperkecil resiko terkena jerawat, apalagi yang memiliki rambut panjang sangat disarankan untuk selalu mencuci rambut setiap hari. Begitu juga halnya sesudah berolahraga sesegera mungkin untuk sesegera mungkin mencuci rambut. Pada saat aktivitas olahraga, akan memacu kelenjar keringat untuk mengeluarkan keringat sehingga bagian tubuh khususnya bagian kepala dibanjiri air keringat yang berpotensi untuk bakteri dan kuman penyakit berkembang biak.
Tips  4 Hindari penggunaan makeup
Tampil cantik tidak hanya dengan penggunaan makeup saja. Cantik sesungguhnya adalah cantik dari dalam (inner beauty). Ternyata, penggunaan makeup yang terlalu sering dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat. Penggunaan makeup dapat menyumbat pori-pori kulit wajah. Pori-pori inilah yang berperan penting dalam proses sirkulasi udara di kulit utama di kulit wajah. Penutupan pori yang terlalu lama dapat mengganggu kegiatan sirkulasi tersebut, menyebabkan jerawat dan munculnya blackhead. Boleh-boleh saja menggunkan makeup tetapi pada acara tertentu saja dan segeralah mencuci muka apabila sudah tidak diperlukan lagi. Jika harus menggunkan makeup, pilihlah jenis makeup dengan bahan dasar air dan pakailah seperlunya saja.
Tips 5 Mencuci sarung bantal dua hari sekali
Tanpa bisa kita pungkiri, aktivitas tidur tidak lepas dari kontak langsung dengan bantal. Pada saat tidur, wajah kita akan mengeluarkan minyak dan menglami kontak langsung dengan kain sarung bantal. Sarung bantal akan menyerap (mengabsorpsi) minyak di kulit wajah tersebut dan secara bersamaan kulit menempel dengan sarung bantal dan kembali lagi ke kulit wajah. Tidak menutup kemungkinan juga, pada sarung bantal tersebut mengadung partikel-partikel debu sehingga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Jadi, menjaga kebersihan sarung bantal juga penting kan?! Ingat....dua hari sekali.
Tips 6 Minum banyak-banyak air putih
Disarankan minimal meminum air putih 8 gelas setiap atau setara dengan 2 liter air. Dengan banyaknya cairan yang ada di dalam tubuh, dapat mencegah dehidrasi (kehilangan cairan tubuh). Air di dalam tubuh berfungsi sebagi zat pengatur, sehingga apabila terpenuhinya kecukupan asupan air di dalam tubuh dapat membantu mengalirkan zat-zat racun keluar dari dalam tubuh melalui pori-pori yang ada diseluruh permukaan kulit terutama di seitar wajah sehingga hal ini dapat mencegah timbulnya jerawat.
Tips 7 Hindari kontak dengan tangan atau benda-benda lain
Jangan menyentuh ataupun memegang kulit wajah dengan tangan atau benda-benda lain (misalnya sapu tangan) dalam keadaan tidak terjamin kebersihannya (kotor). Sebaiknya pastikan tangan dalam keadaan bersih ketika hendak menyentuh ataupun memegang wajah Anda.
Tips 8 Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi
Perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan sehingga terpenuhi kecukupan zat-zat gizi terutama makanan yang mengandung zat gizi seperti vitamin dan mineral (untuk lebih lanjut akan dibahas di lain kesempatan).
So...... "mencegah lebih baik dari pada mengobati".
Semoga bermanfaat ya. Amin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar