Cari Blog Ini

Memuat...

Minggu, 18 Desember 2011

Buah stroberi dapat menghancurkan sel kanker


Buah merupakan sumber makanan pelengkap yang sangat istimewa keberadaannya dalam ransum makanan harian kita. Dikatakan istimewa karena dapat berfungsi sebagai bank berbagai vitamin, mineral, enzim dan nutrien yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Di dalam buah juga terdapat kandungan senyawa-senyawa phytchemical yaitu senyawa yang dapat memerangi adanya kanker.

Sobat familiar dengan gambar ini khan ?!

Ya, benar...si cantik mungil stroberi. Kadang saya lebih suka menyebutnya si merah. Dengan tampilan ekslusif seperti icon hati, memiliki cita rasa yang khas (asam, manis). Saya suka banget perpaduan rasa ini. Tapi sayang, tidak semua kalangan dapat menikmati buah ini karena harganya relatif mahal. Satu mika yang kecil saja dihargakan sekitar Rp. 15.000,- di daerah saya.

Kali ini saya akan share tentang manfaat buah stroberi.

Buah stroberi merupakan tanaman herba yang hidup di iklim sejuk di sekitar pegunungan. saya pernah mencoba menanamnya di rumah dengan udara yang agak lembab dan hanya bertahan satu pekan saja. Hancur banget rasanya hati ini mengingat waktu itu.

Berdasarkan penelitian para ahli gizi dari University of Wisconsin Hospital and Clinic, si merah ini ternyata kaya dengan zat polyphenols, yaitu senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan tumor. Dua senyawa polyphenols yang khusus terdapat pada buah stroberi yaitu anthocyanidins dan proanthocyanidins mampu memulai suatu proses yang menyebabkan sel-sel kanker dapat menghancurkan dirinya sendiri.

Masker stroberi dan lemon

Selain itu, buah stroberi juga dapat bermanfaat untuk mengurangi kadar minyak pada jenis kulit yang berminyak. Bersama dengan lemon, stroberi dapat sebagai astringent alamiah. Karena manfaat itulah stroberi digunakan sebagai masker pada wajah.

Caranya:
sobat ambil satu sendok teh sari lemon, 2 butir putih telur, 3 sendok teh madu, dan beberapa buah stroberi kemudian sobat blender sampai halus.
Agar bahan-bahan alami dalam campuran tersebut diserap maksimal oleh kulit, sebaiknya sobat membersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun khusus dan keringkan dengan handuk yang bersih dan kering. Barulah kemudian sobat oleskan masker tersebut pada wajah sobat dan diamkan sekitar 15 menit (sampai kering juga boleh, tergantung sobat). Setelah itu sobat bersihkan deh dengan air bersih.

Semoga bermanfaat ya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar