Cari Blog Ini

Memuat...

Minggu, 15 Januari 2012

Cara Membuat Susu Jagung Manis ( Cron Milk)

Cron Milk
KHASIAT JAGUNG
Selama ini jagung hanya dikenal sebagai salah satu makanan pokok bagi penduduk Indonesia. Namun ternyata jagung juga bermanfaat bagi kesehatan kita. Untuk itu marilah kita menelitikandungan dari jagung (Zea mays) ini. 
1.Karbohidrat
2.Protein
3.Serat
4.Asam folat 
5.Mineral besi, magnesium, fosfor, kalium dan kalsium 
6.Vitamin B5, B12, A, C7.LikopenKandungan vitamin C dan likopen 
dimana keduanya dikenal sebagai antioksidan membuat jagung dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit bila dikonsumsi dengan teratur.Kedua zat tadi ditambah dengan asam folat diyakini membantu penyembuhan luka pada kulitakibat penyakit cacar atau jerawat.Cara pemanfaatan jagung untuk mengatasi jerawat adalah sebagai berikut :Parut jagung muda, kemudian oleskan pada luka akibat sakit cacar atau jerawat. Biarkan sampaimongering selanjutnya diratakan.Pada tanaman jagung terdapat rambut (Corn Silk). Rambut jagung ini ternyata juga memilikimanfaat yaitu :
 
1.Mengatasi gangguan buang air kecil (BAK) termasuk rasa sakit saat buang air kecil serta pembengkakan kandung kemih.Hal ini disebabkan kandungan kalium yang tinggisehingga mempunyai efek diuretik. 
2.Mengontrol pendarahan semasa melahirkan 
3.Membantu mengobati tekanan darah tinggi dan gangguan air dari dalam tubuh (oedema)Manfaat no 1 – 3 diperoleh dengan cara minum air rebusan rambut jagung secara teratur. 
1.Menghentikan kebiasaan mengompol pada anak.Manfaat no 4 diperoleh dengan minum 1 cangkir teh rambut jagung sebelum tidur. 
Sumber : Dr Mangestuti, Apt MS – Departemen Farmakognosi dan Fitokimia Fakultas FarmasiUnair
Jagung merupakan salah satu tanaman sumber karbohidrat utama. Memiliki nama latin Zea mays L. Tanaman ini berasal dari Meksiko bagian selatan. Berdasarkan informasi dari wikipedia. Kandungan gizi Jagung per 100 gram bahan adalah:
* Kalori : 355 Kalori
* Protein : 9,2 gr
* Lemak : 3,9 gr
* Karbohidrat : 73,7 gr
* Kalsium : 10 mg
* Fosfor : 256 mg
* Ferrum : 2,4 mg
* Vitamin A : 510 SI
* Vitamin B1 : 0,38 mg
* Air : 12 gr
sementara manfaat dari susu jagung manis tersebut, di antara nya memulihkan energi dalam waktu yang cepat, menjaga kesehatan mata, lambung, usus, serta di yakini sebagai minuman bebas kolesterol.
Jagung untuk membuat susu jagung di usahakan masa panen jagung jangan lebih dari 68-72 hari, agar kadar manis nya tidak berkurang atau tinggi.
Salah satu bentuk olahan dari jagung yang disukai oleh anggota keluarga saya adalah bubur jagung. Berikut ini adalah cara membuatnya.
Satu bonggol jagung manis diparut.  dengan takaran 1,5kg jagung, di blender dengan 7 liter air masak. Lalu di peras menggunakan kain kasa ( kain perasan tahu), untuk di ambil sari nya.
Hasil dari perasan tersebut di tambahkan dengan 15 liter air, yang sedang di rebus dalam kondisi mendidih. dan masukan 2 kg gula pasir, anda juga bisa menambahkan vanili dan daun pandan untuk menambah aroma segar nya, lalu tunggu sampai mendidih lagi baru di angkat.
Hasil susu jagung bisa bertahan dalam waktu 5 jam dalam suhu kamar, dan kalau di simpan dalam freezer bisa bertahan dalam waktu 2 minggu.
Pemasaran susu jagung manis.
Dalam kemasan plastik es ukuran 8x15 anda bisa jual dengan harga Rp. 2000,-
Asumsi pemasaran susu jagung manis:
1 kg jagung manis untuk daerah pekan baru Rp. 3.500,-
1 pak Plastik es PP uk 8x15 Rp. 6.500,-
Dalam 1,5kg jagung manis bisa menjadi 140-150 bungkus
1 bungkus jual @ Rp. 2000,- x 150 bungkus Rp. 300.000,-
nah....anda tinggal menghitung sendiri kapasitas anda untuk membuat susu jagung manis....anda nampak kan keuntungan nya....susu jagung manis ini sangat menjanjikan untuk peluang usaha dengan modal kecil....
Selamat Mencona....




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar